Sabtu, 09 April 2011

Resensi Komik

Judul Buku : Koiki Shichi Henge

Penulis : Mori Chikako

Cetakan : Pertama, Desember 2007

Penerbit : PT Gramedia

Unsur-unsur intrinsik

Tema : Romance, Ninja

Alur : Campuran

Sudut Pandang : Orang Pertama

Latar :

a. Tempat : Dusun Shinobi, Sekolah Ujimaki, Sekolah Jigami, Desa Kaoru, Oedo Japan.

b. Waktu : Saat liburan musim panas, saat Koiki kelas 1 – 2 SMP.

c. Suasana : Mengharukan, menegangkan, dan humoris.

Penokohan :

a. Murid SMP Sekolah Putri Jigami

o Hatori Koiki : Seorang ketua OSIS SMP Jigami yang juga seorang ninja, sangat menyukai Ryoutarou, juga sangat suka kue, malas belajar, tidak mudah menyerah, dan bersemangat.

o Saiga Yayoi : Sekretaris OSIS SMP Jigami yang mendapat julukan Sang Penemu karena sangat senang bereksperimen/ melakukan penelitian.

o Izomo Senri : Wakil Ketua OSIS SMP Jigami, seorang samurai yang ingin jadi orang terkuat di Jepang. Sangat disukai banyak pria, tetapi tidak suka berpenampilan feminim.

o Sanada Minori : Bendahara, Sang Dalang yang senang sekali bermusik dan jago memainkan suling.

b. Murid SMP Ujimaki

o Fujibayashi Ryoutarou : Ketua OSIS SMP Ujimaki, ninja, kekasih Koiki, sangat suka makanan yang manis dan senang membuat kesenian.

o Toranosuke : Wakil ketua OSIS, seorang samurai juga, iseng.

o Kinokumi Hyogo : Bendahara, seorang karateka, penuh ide, pintar dan sangat menyukai kucing serta anjing.

o Haruma Kyo : sekretaris, Sang Dalang yang sedang belajar meramal.

c. Niikura Mini : Sang Pengendali Roh. Murid kelas 2 SD yang juga mempunyai liontin lengkung. Tidak suka diperlakukan seperti anak kecil.

d. Kepala Sekolah Jigami : Seorang dewa yang berubah menjadi manusia karena tertarik dengan kebersamaan manusia. Mempunyai kekuatan yang sangat luar biasa.

e. Nyanzou : Kucing ninja milik koiki yang bisa bicara. Sebenarnya dia adalah ayah koiki yang terkutuk saat mengukir pohon dewa di dusun Shinobi.

f. Ujimaki Seto : Guru ninja dari dusun Shinobi.

g. Momochi : seorang ninja dari dusun Shinobi, yang berteman dengan Ryoutarou dan Seto Ougi saat mereka masih kecil dan sempat menjadi musuh karena rasa iri.

h. Seto Ougi : Anak dari guru Seto, seorang tabib yang hobi memotret, iseng.

i. Kantarou : Ayah Ryoutarou yang juga seorang ninja, suka sekali dengan kue, penyayang walaupun penampilannya agak seram, tegas.

j. Ibunya Koiki : penyayang, lemah lembut.

Amanat :

“ Segala sesuatu akan lebih mudah dilakukan/dikerjakan apabila pekerjaan itu dikerjakan secara bersama-sama (bersatu) ”

“ Harus menghargai dan menghormati orangtua, karena kasih sayang mereka tidak akan pernah terbatas “

Ringkasan cerita :

Menjelang liburang musim panas para pengurus OSIS Jigami mempunyai rencana masing-masing, tetapi tiba-tiba Kepala Sekolah membangkitkan kekuatan ninja yang ada didalam diri mereka dan meminta mereka untuk mencari harta karun. Kekuatan ninja yang mereka miliki telah ada sejak mereka lahir, leontin lengkung yang hanya ada 10 didunia juga telah ada bersama mereka salah satunya.

Begitu pula dengan pengurus OSIS dari Ujimaki yang juga mempunyai leonting lengkung dan kekuatan yang sama besarnya dengan mereka, awalnya mereka semua saling bermusuhan karena tujuan awal Ryoutarou yang ingin mencari kitab ninja dari Dusun Shinobi yang telah hilang. Walaupun akhirnya mereka semua menemukan kitab ninja itu bersama dan bersatu.

Koiki dan Ryoutarou juga saling menyukai dan jatuh cinta. Kekuatan para ninja itu pun akan muncul apabila mereka bersatu dan leontin lengkung yang mereka miliki bersinar.

Hampir setiap hari setiap pulang sekolah mereka berlatih menggantikan Kepala Sekolah Jigami yang sedang berobat di Dusun Shinobi.

Sampai akhirnya Momochi muncul dan merebut Koiki dari Ryoutarou karena dendamnya kepada Ryoutarou. Hal itu disebabkan karena dimasa lalu Momochi telah terasuki Jagami, bahkan Minori pun hampir menjadi jahat. Tetapi karena persatuan kekuatan mereka yang sangat luar biasa, karena persahabatan mereka, dan 10 leontin lengkung yang bersatu mereka dapat mengalahkan Jagami, Jagami pun melemah secara drastis sampai tak berdaya lagi menggunakan kekuatan jahatnya lagi.

Setelah itu, mereka dihadapkan dengan banyak persoalan dan tantangan yang membuat mereka menjadi lebih dewasa lagi. Tiba-tiba Kantarou, ayah kandung Ryoutarou datang dan membawa pergi Ryoutarou untuk satu tujuan. Tetapi karena ingin tetap bersama, Koiki berjuang keras mencari Ryoutarou.

Tujuan yang dikatakan Kantarou adalah menyelamatkan ayah Koiki, yaitu seorang ninja yang dikatakan Kantarou diculik oleh para penjahat (padahal ayah Koiki terkena kutukan). Mereka harus mencari tiga harta, yaitu bungan pemandian rahasia, bambu hijau emas, dan bantal surgawi. Untuk mendapatkannya mereka harus berjuang melawan banyak tantangan.

Lalu, setelah mendapatkan harta yang terakhir “ bantal surgawi ”, mereka menyerahkannya kepada Dewi Jigami (Kepala Sekolah Jigami) yang akhirnya Dewi Jigami dapat melumpuhkan kutukan Nyanzou (kucing ninja milik Koiko yang sebenarnya adalah ayah kandung Koiki yang terkena kutukan).

Dari perjalanan panjang itulah mereka sudah menjadi ninja yang handal dan hidup bahagia bersama serta dapat menolong orang yang membutuhkan bantuan mereka.




ahahhaaa, sebenernya ini tugas sekolah, tapi karena emang udah pusing mau nge-post apa, jadi manfaatin aja yang ada, sekalian share.. semoga bisa manfaat ya!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar